Adab Institute Jogja

  • Pernyataan Jati Diri

Adab Institute (Center for  Da’wah & Islamic Civilization Studies), sebelumnya dikenal dengan nama  Institut Pemikiran Islam (IPI Jogja) adalah lembaga pengkajian ilmiah non-profit dan non partisan yang berdedikasi kepada umat dalam bidang dakwah, khususnya di bidang pengkajian dan penelitian khazanah pemikiran Islam dari perspektif frame work pemikiran Islam yang tidak terkontaminasi dengan paradigma liberal-sekuler.

Dalam menjalankan segala aktifitasnya,Adab Institute (Center for  Da’wah & Islamic Civilization Studies) Yogyakarta bersifat independen. Dapat menjalin kerjasama dengan semua pihak dalam penelitian, pengkajian, edukasi kepada umat, publikasi dan lain-lain yang relevan dengan visi-misinya, serta tidak berafiliasi kepada gerakan politik dan organisasi massa tertentu.

  • Pedoman

الْحَـقُّ مِنْ رَبِّكَ فَلاَ تَكُونَـنَّ مِنَ الْمُمْـتَرِينَ

“Kebenaran itu adalah dari Rabb-mu,

sebab itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu.”

(Q.S. Al-Baqarah/2 : 147)

  • Visi & Misi

Menjadi sebuah Lembaga pengkajian dan penelitian dalam bidang pemikiran Islam yang amanah dan  profesional, menebarkan pesan hidup yang memiliki derajat, bermartabat, damai dan toleran kepada sesama manusia dengan iman dan Islam tanpa terhegemoni dengan paradigma sekuler-liberal dan berbagai arus kebudayaan, aliran pemikiran, dan ideologi non-Islam lainnya. Membangun kapasitas dan kesadaran umat terhadap tantangan al-ghazwul fikri yang tampil secara sistematis dan terorganisasi dalam berbagai lini kehidupan masa kini.

  •  Garis Besar Program

1)     Mengkaji dan mengkritisi berbagai distorsi pemikiran Islam kontemporer yang mengalir deras dalam arus sekulerisasi dan liberalisasi dengan berpegang teguh pada pandangan hidup Islam (al-tashawwur al-Islami) dengan dua prinsip dasar; nafyu al-bathil (negasi kebathilan) dan itsbat al-haq (afirmasi yang haq).

2)    Melakukan edukasi kepada umat yang menjadi obyek invasi pemikiran (al-ghazwul fikri) dalam bentuk; a) dekonstruksi syariat (perombakan syariat Islam, isu-isu feminism, legitimasi kerusakan moral akibat relativisme nilai, afirmasi atas kehidupan Barat yang meterialstik-hedonistik dan anti-Tuhan); b) dekonstruksi konsep wahyu dan tafsir; dan c) dekonstruksi akidah Islam (Pluralisme Agama, dekonstruksi Islam sebagai agama yang haq dan final).

3)    Memberikan penerangan berkesinambungan kepada umat Islam tentang berbagai varian dan strategi invasi pemikiran dan serbuan ideologis masa kini dalam bentuk penerbitan dan publikasi hasil penelitian, buku, Risalah Pemikiran & Peradaban Islam “Imania. Menyelenggarakan diskusi rutin dan pelatihan-pelatihan yang berorientasi kepada pembangunan kapasitas umat.

4)    Memperkuat jaringan, kerjasama dan mensinergikan potensi umat yang memiliki kepedulian terhadap ‘izzah umat Islam, khsususnya dalam bidang pemikiran dan peradaban.

Yang ber-‘azam memenuhi fardlu kifayah dalam Dakwah ini,

Fathurrahman Kamal

Okrisal Eka Putra

Arif Rif’an

2 Comments


    Warning: call_user_func() expects parameter 1 to be a valid callback, function 'bootstrap_comment' not found or invalid function name in /home/smnuhfcz/public_html/wp-includes/class-walker-comment.php on line 180

    Warning: call_user_func() expects parameter 1 to be a valid callback, function 'bootstrap_comment' not found or invalid function name in /home/smnuhfcz/public_html/wp-includes/class-walker-comment.php on line 180

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

*

Jadwal Sholat


Jadwal Sholat Di Beberapa Kota