Berinteraksi Dengan Al-Qur’an

أَلَمْ يَأْنِ لِلَّذِينَ آَمَنُوا أَنْ تَخْشَعَ قُلُوبُهُمْ لِذِكْرِ اللَّهِ وَمَا نَزَلَ مِنَ الْحَقِّ وَلَا يَكُونُوا كَالَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلُ فَطَالَ عَلَيْهِمُ الْأَمَدُ فَقَسَتْ قُلُوبُهُمْ وَكَثِيرٌ مِنْهُمْ فَاسِقُونَ[1]

Potret Interaksi Tempo Dulu

Ada baiknya naskah ini penulis awali dengan pertanyaan, sesungguhnya bagaimana pola atau model interaksi Rasulullah s.a.w. & para Sahabat yang mulia dengan Al-Qur’an al-Karim?

Ibnu Mas’ud radliallahu ’anhu menuturkan kisah menarik seputar ayat terbaca di atas. Kata beliau,”Tak lebih dari empat tahun usia Islam kami, sehingga Allah menegur kami dengan ayat ini.”[2] Jika sahabat besar Rasulullah SAW merasa ”ditegur” setelah empat tahun berlalu dari masa keIslaman mereka, perlu kita bertanya kepada diri kita masing-masing, ”sudah berapa lama kita berinteraksi dengan Al-Qur’an, dan sisi apa yang ”luluh” dari hati kita?

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ. الَّذِينَ يُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ. أُولَئِكَ هُمُ الْمُؤْمِنُونَ حَقًّا لَهُمْ دَرَجَاتٌ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَمَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ (الأنفال:2-4)

 Ayat terbaca pada pembukaan makalah ini merupakan teguran bagi siapa saja yang mendengarkan Al-Qur’an, namun tidak melahirkan kebaikan pada hatinya, tidak juga khusyu’, tidak luluh, dan bahkan semakin mengeras,na’udzubillah!. Melalui karakter buruk Bani Israel, Allah s.w.t. menggambarkannya demikian,

ثُمَّ قَسَتْ قُلُوبُكُمْ مِنْ بَعْدِ ذَلِكَ فَهِيَ كَالْحِجَارَةِ أَوْ أَشَدُّ قَسْوَةً وَإِنَّ مِنَ الْحِجَارَةِ لَمَا يَتَفَجَّرُ مِنْهُ الْأَنْهَارُ وَإِنَّ مِنْهَا لَمَا يَشَّقَّقُ فَيَخْرُجُ مِنْهُ الْمَاءُ وَإِنَّ مِنْهَا لَمَا يَهْبِطُ مِنْ خَشْيَةِ اللَّهِ وَمَا اللَّهُ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُونَ[3]

            Rasulullah s.a.w. mengajarkan kita untuk berkumpul untuk tilawah Al-Qur’an dan tadarus. Beliau memotivasi kita dalam sabdanya,

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- «… وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ.[4]

Suatu hari, Rasulullah s.a.w. meminta kepada Abdullah Ibnu Mas’ud r.a. untuk membacakan Al-Qur’an. “Bagaimana mungkin aku membacanya di hadapanmu, sementara Al-Qur’an itu diturunkan kepada baginda yang mulia?”, jawabnya kepada Nabi s.a.w. ”Sungguh aku senang mendengarkannya dari orang lain.”. Lalu sahabat agung itu membaca surah An-Nisa’ hingga pada ayat yang berbunyi “فَكَيفَ إذا جِئناَ من كُلِّ أُمَّةٍ بشهيدٍ وجئنا بِكَ علَى هؤلاءِ شَهيداً”,  air mata Rasulullah s.a.w. mengalir deras. Demikianlah keakraban ruhiyahRasulullah s.a.w. dengan para sahabatnya ketika berinteraksi dengan Al-Qur’an. Sungguh merupakan keni’matan yang tiada tara :

لَقَدْ مَنَّ اللَّهُ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ إِذْ بَعَثَ فِيهِمْ رَسُولًا مِنْ أَنْفُسِهِمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آَيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِين[5]

            Generasi terdahulu umat ini, dari kalangan Sahabat dan Tabi’in, kata Syaikhul Islam Ibnu Taymiyah, selalu berkumpul untuk tilawah dan saling menyimak Al-Qur’an dalam rangka menata hati dan mensucikan jiwa mereka.[6] Rumah-rumah mereka, khususnya di bulan Ramadhan, berdengung tak ubahnya lebah-lebah, terpancari sinar, bertabur kebahagiaan. Mereka membaca Al-Qur’an dengan tartil,berhenti sejenak pada ayat-ayat yang membuat mereka ta’jub, menangis di kala mendengar keindahan nasehat-nasehatnya, gembira dengan kabar kebahagiaan. Mereka mentaati perintahnya sebagaimana menjauhi larangannya.[7]

Makna Qira’ah,  Tilâwah, Tadârus & Tadabbur

            Kata “tilawah” (تلاوة), dengan berbagai derivasi dan variasi maknanya dalam Al-Qur’an  terulang sebanyak 63 kali.[8] Secara leksikal (harfiah) para ahli bahasa menerangkan maknya sebagai berikut :

Al-Shahib Ibn ‘Ibad dalam al-Muhith fi al-Lughah :

تلا يَتْلُو تلاوَةً: أي قَرأ. والمُتَلّى: المُرَدِّدُ للتِّلاوَةِ. وتلاه: أي رَوَاه. وتَلا الشيْءُ يَتْلُو تُلُوّاً: تَبعَ، فهو تال،: تابع.[9]

Dalam al-Mishbah al-Munir fi Gharib al-Syarh al-Kabir :

( ت ل و ) : تَلَوْتُ الرَّجُلَ أَتْلُوهُ تُلُوًّا عَلَى فُعُولٍ تَبِعْتُهُ فَأَنَا لَهُ تَالٍ وَتِلْوٌ أَيْضًا وِزَانُ حِمْلٍ وَتَلَوْتُ الْقُرْآنَ تِلَاوَةً.[10]

Ibnu Mandhur dalam Lisan al-‘Arab :

 ( تلا ) تَلَوْتُه أَتلُوه وتَلَوْتُ عنه تُلُوّاً كلاهما خَذَلته وتركته وتَلا عَنِّي يَتْلُو تُلُوّاً إذا تركك وتخلَّف عنك وكذلك خَذَل يَخْذُل خُذُولاً وتَلَوْته تُلُوّاً تبعته يقال ما زلت أَتْلُوه حتى أَتْلَيْته أَي تَقَدَّمْته وصار خلفي وأَتْلَيْته أَي سبقته[11]

Dalam Mukhtar al-Shihah :

 [ تلا ] ت ل ا : تِلْوُ الشيء الذي يتلوه وتلو الناقة ولدها الذي يتلوها و تَلاَ القرآن يتلوه تِلاَوَةً و تَلَوْتُ الرجل تبعته وبابه سما وجاءت الخيل تَتَالِياً أي متتابعة[12]

            Terbaca pada nukilan beberapa kamus standar di atas, tilawah (تِلاَوَة) mengandung makna “bukan sekedar” membaca (قراءة). Hemat penulis tilawah dapat diartikan sebagai aktifitas membaca yang diikuti komitmen dan kehendak untuk mengikuti apa yang dibaca itu. Atau, qiro’ah dapat dimaknai sebagai kegiatan membaca secara umum, sementara tilawah membaca sesuatu dengan sikap pengagungan. Oleh karena itu kemudian, dalam Al-Qur’an kata tilawah lebih sering digunakan daripada kata qiro’ah dalam konteks tugas para Rasul ‘alaihimussalam. Pada ayat berikut ini umpamanya,

هُوَ الَّذِي بَعَثَ فِي الْأُمِّيِّينَ رَسُولًا مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آَيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ[13]

            Demikian pula dalam hadis Rasulullah s.a.w yang telah penulis sebutkan pada bagian terdahulu (يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ).

Syaikh Ibnu ‘Utsaimin dalam kitabnya Majalis Syahr Ramadlan menguraikan cakupan makna tilawahdalam dua macam; 1) tilawah hukmiyah yaitu membenarkan segala informasi Al-Qur’an dan menerapkan segala ketetapan hukumnya dengan cara menunaikan perintah-perintahnya dan menjauhi larangan-larangannya; 2) tilawah lafdziyah yaitu, membacanya. Inilah yang keutamaannya diterangkan oleh Rasulullah s.a.w. dalam hadis Bukhari (“خَيرُكُم مَنْ تعَلَّمَ القُرآنَ وعَلَّمَه”) dan dalam Shahihain (“الماهرُ بالقرآن مع السَّفرةِ الكرامِ البررة، والذي يقرأ القرآنَ ويتتعتعُ فيه وهو عليه شاقٌّ له أجرانِ”). Bagian dua pahala dijelaskan sebagai pahala atas “tilawah” dan pahala atas kesulitan membaca (qira’ah).

Adapun kata tadarus (تَدَارس) berasal dari kata (دَرس) yang berarti membaca (قرأ) atau berlatih dan selalu menjaga  (الرياضة والتعهد للشيئ) seperti yang kita dapatkan dalam al-Qamus al-Muhith “الكِتَاب يَدْرُسُهُ ويَدْرِسُهُ دَرْساً ودِرَاسَةً قَرَأَه”.[14] Ketika ada imbuhan huruf ta’ dan alif pada kata darasa maka, maknanya berubah menjadi ‘saling membaca’. Dari sinilah kita kenal kata ”tadarus” atau “mudarasah”. Sehingga dua kata ini dapat diartikan “membaca, menelaah dan mendapatkan ilmu secara bersama-sama, di mana dalam prosesnya mereka sama-sama aktif.” Hal ini diisyaratkan dalam firman Allah s.w.t. di Ali ‘Imran/3 :79

مَا كَانَ لِبَشَرٍ أَنْ يُؤْتِيَهُ اللَّهُ الْكِتَابَ وَالْحُكْمَ وَالنُّبُوَّةَ ثُمَّ يَقُولَ لِلنَّاسِ كُونُوا عِبَادًا لِي مِنْ دُونِ اللَّهِ وَلَكِنْ كُونُوا رَبَّانِيِّينَ بِمَا كُنْتُمْ تُعَلِّمُونَ الْكِتَابَ وَبِمَا كُنْتُمْتَدْرُسُون

Juga dalam hadis Rasulullah s.a.w. :

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ – رضى الله عنهما – قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – أَجْوَدَ النَّاسِ ، وَكَانَ أَجْوَدَ مَا يَكُونُ فِى رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ ، وَكَانَ جِبْرِيلُ يَلْقَاهُ فِى كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ ، فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ ، فَلَرَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنَ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ . وَعَنْ عَبْدِ اللَّهِ حَدَّثَنَا مَعْمَرٌ بِهَذَا الإِسْنَادِ نَحْوَهُ . وَرَوَى أَبُو هُرَيْرَةَ وَفَاطِمَةُ – رضى الله عنهما – عَنِ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – أَنَّ جِبْرِيلَ كَانَ يُعَارِضُهُ الْقُرْآنَ .[15]

            Penjelasan tersebut juga, sepadan dengan hadis di bawah ini :

عَنْ أَبِى مُوسَى عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « تَعَاهَدُوا هَذَا الْقُرْآنَ فَوَالَّذِى نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَهُوَ أَشَدُّ تَفَلُّتًا مِنَ الإِبِلِ فِى عُقُلِهَا ».[16]

Demikian pula dalam hadis yang telah penulis sebutkan sebelumnya. Para ahli ilmu menerangkan makna “tadarus” sebagai berikut :

Al-‘Allamah Al-Mubarakfuri dalam Tuhfat al-Ahwadzi 7/261 :

             وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ: التَّدَارُسُ قِرَاءَةُ بَعْضِهِمْ عَلَى بَعْضٍ تَصْحِيحًا لِأَلْفَاظِهِ أَوْ كَشْفًا لِمَعَانِيهِ قَالَهُ اِبْنُ الْمَلَكِ . وَقَالَ الْجَزَرِيُّ فِي النِّهَايَةِ : تَدَارَسُوا الْقُرْآنَ أَيْ اِقْرَءُوهُ وَتَعَهَّدُوهُ لِئَلَّا تَنْسَوْهُ يُقَالُ دَرَسَ يَدْرُسُ دِرَاسَةً وَأَصْلُ الدِّرَاسَةِ الرِّيَاضَةُ وَالتَّعَهُّدُ لِلشَّيْءِ اِنْتَهَى . وَقَالَ الْقَارِي فِي الْمِرْقَاةِ : وَيُمْكِنُ أَنْ يَكُونَ الْمُرَادُ بِالتَّدَارُسِ الْمُدَارَسَةَ الْمَعْرُوفَةَ بِأَنْ يَقْرَأَ بَعْضُهُمْ عَشْرًا مَثَلًا وَبَعْضُهُمْ عَشْرًا آخَرَ وَهَكَذَا فَيَكُونَ أَخَصَّ مِنْ التِّلَاوَةِ أَوْ مُقَابِلًا لَهَا وَالْأَظْهَرُ أَنَّهُ شَامِلٌ لِجَمِيعِ مَا يُنَاطُ بِالْقُرْآنِ مِنْ التَّعْلِيمِ وَالتَّعَلُّمِ اِنْتَهَى

Al-‘Allamah Syams al-Haqq al-‘Adzim Abadi dalam ‘Awn al-Ma’bud 3/388:

          يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّه وَيَتَدَارَسُونَه:  أَيْ يَشْتَرِكُونَ فِي قِرَاءَة بَعْضهمْ عَلَى بَعْض وَيَتَعَهَّدُونَهُ خَوْفَ النِّسْيَان

Sampai di sini, penulis memahami bahwa, mudarasah atau tadarus merupakan sebuah proses atau mekanisme untuk melakukan tadabbur al-Qur’an.

Kata tadabbur terdapat, diantaranya, dalam dua ayat berikut ini :

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآَنَ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِنْدِ غَيْرِ اللَّهِ لَوَجَدُوا فِيهِ اخْتِلَافًا كَثِيرًا (النساء :82)

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآَنَ أَمْ عَلَى قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا (النساء:24)

Secara leksikal/harfiah tadabbur mengandung beberapa filosofi makna; refleksi (reflection), meditasi (meditation), berfikir (thinking), pertimbangan (consideration) dan perenungan (contemplation).[17]

Mencermati rangkaian makna terbaca, kata ini memiliki makna integral dalam konteks kecerdasan manusia; intelektual, spiritual dan moral. Itulah kemungkinan yang dapat kita tangkap mengapa Al-Qur’an menggunakan kata tadabbur.

 

Interaksi yang Produktif

Agar visi tadarus/mudarasah Al-Qur’an tercapai dengan baik maka, perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini;

Pertama, memiliki pandangan integral terhadap Al-Qur’an. Al-Qur’an merupakan dustur Ilahy yang menata dan mengarahkan kehidupan.

Kedua, pembacaan, tadabbur dan mencermati secara mendalam. Bagian ini terwujud dengan dua hal pula :a)verifikasi pemahaman dan ilmu kita tentang al-Qur’an.( أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآَنَ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِنْدِ غَيْرِ اللَّهِ لَوَجَدُوا فِيهِ اخْتِلَافًا كَثِيرًا)[18]; b) aktualisasi ajaran al-Qur’an dalam lapangan kehidupan nyata, bukan sekedar pengetahuan wacana dan bersifat kognitif belaka; baik pada tataran pribadi, keluarga dan masyarakat. Ini berarti al-Qur’an menjadi kode etik kehidupan kita (الَّذِينَ يَتَّبِعُونَ الرَّسُولَ النَّبِيَّ الْأُمِّيَّ الَّذِي يَجِدُونَهُ مَكْتُوبًا عِنْدَهُمْ فِي التَّوْرَاةِ وَالْإِنْجِيلِ يَأْمُرُهُمْ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَاهُمْ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ وَيَضَعُ عَنْهُمْ إِصْرَهُمْ وَالْأَغْلَالَ الَّتِي كَانَتْ عَلَيْهِمْ فَالَّذِينَ آَمَنُوا بِهِ وَعَزَّرُوهُ وَنَصَرُوهُ وَاتَّبَعُوا النُّورَ الَّذِي أُنْزِلَ مَعَهُ أُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ).[19]

Ketiga, memegang komitmen yang baik tentang manhaj talaqqi. Artinya, menancapkan dalam sanubari kita dan merasakan ‘seolah-olah’ Al-Qur’an diturunkan kepada kita; kita berdialog aktif dengannya.( إِنَّ هَذِهِ تَذْكِرَةٌ فَمَنْ شَاءَ اتَّخَذَ إِلَى رَبِّهِ سَبِيلًا).[20]

 

Fungsi dan Manfaat Mudarasah dan Tadabbur

  1. Sarana dan media untuk menambah ilmu. Tentunya, dengan melakukan mudarasah secara bersama-sama dengan orang lain semakin menambah cakrawala keilmuan kita. Ingat, Rasulullah s.a.w. selalu rajin mempelajari Al-Qur’an dan mencermati ayat-ayatnya, sehingga beliau mengetahui dengan sempurna maksud dan maknanya dengan tadarus/mudarasahbersama Jibril ‘alaihissalam.

 { ولكن كونوا ربانيين بما كنتم تعلمون الكتاب وبما كنتم تدرسون }

  1. Membantu proses menjaga Al-Qur’an yang telah kita kuasai serta tidak mudah lupa dan lalai.

 ( تعاهدوا هذا القرآن، فوالذي نفس محمد بيده لهو أشد تفلتاً من الإبل في عُقُلِها ) متفق عليه

  1. Memupuk dan membina rasa persaudaraan dan rasa sepenanggungan sesama muslim. Dengan demikian, Islam telah melakukan proses pendidikan  nalar kolektif dan etika bersama; kita membangun karakter yang kuat.
  2. Sebagai sarana dan media tazkyatun nufus, mensucikan jiwa.

{ لقد من الله على المؤمنين إذ بعث فيهم رسولا من أنفسهم يتلو عليهم آياته ويزكيهم ويعلمهم الكتاب والحكمة وإن كانوا من قبل لفي ضلال مبين }

  1. Mendatangkan rahmat dan ketenteraman bagi umat.

( وما اجتمع قوم في بيت من بيوت الله، يتلون كتاب الله، ويتدارسونه بينهم إلا نزلت عليهم السكينة، وغشيتهم الرحمة، وحفتهم الملائكة، وذكرهم الله فيمن عنده ) رواه مسلم .

  1. Memperbaiki kualitas tilawah.

 { ورتل القرآن ترتيلا } (المزمل:4)

Akhlaq Tilawah dan Tadarus Al-Qur’an

  1. Memperhatikan adab tilawah.
  2. Membaca dengan khusyu’; memperhatikan arti dan makna secara mendalam/tadabbur.
  3. Tidak perlu tergesa-gesa, bisa berhenti pada ayat-ayat tertentu dengan penuh perhatian dan kecermatan.
  4. Mencermati secara mendetail struktur ayat, konteks dan maknanya termasuk latar belakang historisnya.
  5. Mencermati relevansinya dengan dengan fakta kehidupan sekarang/realita sehingga dapat memberikan berbagai solusi atas krisis yang dialami oleh manusia masa kini.
  6. Untuk menjaga orisinalitas dan akar arkeologi din kita, sangat urgen untuk merujuk kepada pemahaman Salaf, khususnya para Shabat yang mulia radhiallahu ‘anhum.
  7. Mencermati dan memilih pendapat-pendapat para ahli tafsir yang mempunyai akurasi dan nilai ilmiah tertinggi, orisinil, unggul serta didukung oleh metodologi yang benar.[21]


[1] Al-Hadid : 16

[2] HR Muslim

[3] QS Al-Baqarah : 74

[4] HR Muslim

[5] Al-Hajj/22 :164

[6] Ibnu Taymiyah, Majmu’ al-Fatawa, 11/560

[7] A’idh ‘Abdullah al-Qarni, Tsalatsuna Darsan li al-Shaimin, terj. Hal. 29

[8] Muhammad Fu’ad Abd al-Baqi, al-Mu’jam al-Mufahras li Alfadz al-Qur’an (Beirut: Dar Al-Fikr, 1420), hal. 197-198

[9] Al-Shahib Ibn ‘Ibad, al-Muhith fi al-Lughah, 2/380

[10] al-Mishbah al-Munir fi Gharib al-Syarh al-Kabir, 1/479

[11] Ibnu Mandhur dalam Lisan al-‘Arab, 14/102

[12] Mukhtar al-Shihah, 1/83

[13] Al-Jumu’ah/62:2

[14]Al-Qamus al-Muhith, 2/83

[15] HR Bukhari

[16] HR Muslim

[17] Hans Wehnr, A Dictionary of Modern Written Arabic (Beirut: Maktabah Lubnan, 1980), Cet. III, hal. 271

[18] An-Nisa’ : 82

[19] Al-A’raf/7:157

[20] Al-Muzzammil :19

[21] Baca, Shalah Abd al-Fattah al-Khalidi, Mafatih li al-Ta’amul Ma’a al-Qur’an (Yordan : Maktabah al-Manar), hal. 60-62

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadwal Sholat


Jadwal Sholat Di Beberapa Kota