Fathurrahman Kamal Ajak Umat Muslim Membumikan Qudwah Ibrahimiyah dalam Kehidupan Kontemporer

Reporter:

Jumat, September 1, 2017

URI.co.id, YOGYA – Seusai salat Idul Adha 1438H yang digelar di Alun-alun Yogyakarta, H Fathurrahman Kamal, Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah, memberikan khutbah.

Dalam khutbahnya, ia mengajak masyarakat, khususnya umat islam untuk meneladani karakter Nabi Ibrahim AS dalam kehidupan sehari-hari, Jumat (1/9/2017).

Menurutnya, selain masalah ibadah kurban pada hari ini dan tiga hari tasyrik ke depan, ada sesuatu hal yang lebih penting dan lebih mendasar untuk diingat dan direnungkan bersama.

Hal tersebut ialah merenungkan kembali keteladanan Nabi Ibrahim AS.

“Dalam suasana seperti ini, penting bagi kita untuk merenungkan kembali jejak-jejak keteladanan Nabi Ibrahim SAW. Dimana Nabi Ibrahim dikenal adalah bapaknya para Nabi,” katanya.

Dikatakannya pula, Nabi Ibrahim memiliki beberapa karakter yang bisa dijadikan teladan bagi umat islam dalam kehidupannya.

Salah satunya yaitu, Nabi Ibrahim memiliki karakter qanitan yaitu, senantiasa taat dan tunduk kepada Allah SWT dan tidak menyimpang serta tidak membantah ajaranNya.

“Pada konteks kepemimpinan di Indonesia, karakter ini termanifestasikan dalam visi spiritual bahwa seorang pemimpin tak kenal putus asa dan berikhtiar menjadikan Indonesia lebih baik dan berada dalam ampunan Allah,” ucapnya.

Ia menambahkan, karakter selanjutnya ialah hanifan, yang artinya lurus dalam kebenaran dan tidak musyrik. Sikap hanafiyah adalah jujur dan terus terang untuk mengakui Allah SWT sebagai dzat yang berhak disembah.

“Diharapakan, dengan menerapkan kejujuran dan keterusterangan oleh masyarakat Indonesia, dapat mewujudkan negara Pancasila yang religius. Serta menjadikan Indonesia bukan suatu negara sekuler yang memisahkan nilai keagamaan dari kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkasnya. (uri/abilah/yabantika/NS)

Sumber : https://jogja.uri.co.id/read/12871/2017/09/fathurrahman-kamal-ajak-umat-muslim-membumikan-qudwah-ibrahimiyah-dalam-kehidupan-kontemporer

Silahkan download teks khutbah selengkapnya : https://drive.google.com/open?id=1ckMLakIiEuMuOrsq4ac0rA7XlQi3Ield

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadwal Sholat


Jadwal Sholat Di Beberapa Kota