Download Buku Tuntunan Tabligh PDF

Kata Pengantar

الحمد لله الذي أنزل على عبده الكتاب ، أظهر الحق بالحق وأخزى الأحزاب، وأتمَّ نوره، وجعل كيد الكافرين في تباب.  والصلاة والسلام على نبينا محمد قائد المجاهدين، وإمام الدعاة العاملين المخلصين؛ خُلُقه الكتاب،  ورأيه الصواب،  وقوله فصل الخطاب، قدوة الأمم، وقمة الهِمَم، ودرة المقربين والأحباب، وبعد؛

Pada periode 2015-2020, Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah merumuskan kegiatan dan program kerjanya berdasarkan berbagai persoalan yang telah ditanfidzkan oleh PP Muhammadiyah. Kami percaya bahwa semua persoalan penting dan berbagai perkembangan serta dinamika dakwah kontemporer telah pula dibahas. Selebihnya ialah merumuskan jawaban-jawaban kongkret operasional yang diperlukan oleh umat Islam pada umumnya, dan terkhusus warga Persyarikatan Muhammadiyah.

Dari berbagai wacana dan persoalan taktis maupun strategis, sebagiannya kami wujudkan dalam bentuk Tuntunan Tabligh, yang sebelumnya kami sebut sebagai Manhaj Tabligh. Tampaknya istilah Tuntunan Tabligh jauh lebih ringan, dan tidak memberikan kesan “ikatan” yang kaku, bahkan terbuka peluang untuk terus dikembangkan dan diperbaiki. Semacam naskah akademik yang bersifat terbuka untuk didialogkan. Sebab itu, apa yang tertulis dalam buku Tuntunan Tabligh ini lebih merupakan ikhtiar untuk saling mempertautkan frekwensi ide dan gagasan serta merapatkan shaf para muballigh khususnya dalam merespon berbagai isu dan wacana yang muncul dalam Tanfidz Muktamar kita yang ke-47 di Makassar, 2 tahun lalu.  Di masa mendatang, di luar kegiatan pelayanan kepada umat, Majelis Tabligh PP Muhammadiyah diharapkan lebih fokus pada penyiapan Tuntunan dan materi tabligh terstruktur yang dapat dijadikan rujukan oleh para muballigh dan da’i, khususnya di internal Persyarikatan, dan umat Islam pada umumnya.

Dengan berbagai kelemahan dan kekurangan yang ada, Tuntunan Tabligh ini sangat di perlukan oleh para muballigh, terlebih di era milenial yang hadir dengan berbagai gejala disrupsi keagamaan dan tawaran sumber pengetahuan tak berbatas. Harapan kami, Tuntunan Tabligh ini dapat dipelajari dengan sebaik-baiknya, dikritisi, dikembangkan, dan disempurnakan sehingga pada waktunya nanti dapat diusulkan kepada Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk ditanfidzkan sesuai dengan mekanisme organisasi yang berlaku selama ini.

Semata pertimbangan teknis, buku Tuntunan Tabligh ini dibagi menjadi dua bagian; Tuntunan Tabligh-1 berisi; Muqaddimah, Kemuhammadiyahan, Wawasan Fikih Dakwah, dan Isu-isu Keummatan, Kebangsaan, dan Kemanusiaan Universal. Sementara Tuntunan Tabligh-2 terdiri dari; Tantangan Pemikiran dan Ideologi Klasik & Kontemporer.

Akhirul kalam, semoga buku ini bermanfaat, sekaligus mencerahkan umat. Kepada para penulis, segenap pimpinan & anggota Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dan tim asistensi kami ucapkan jazakumullahu khairan, semoga Allah mencatatnya dalam mizan kebaikan kita di Hari Akhir. Âmîn.

نَصْرٌ مِّنَ اللَّهِ وَفَتْحٌ قَرِيبٌ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِينَ

وَصَلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين وسلم تسليماً كثيرا

 

Silahkan download buku Tuntunan Tabligh : 

https://drive.google.com/open?id=16GJj8dP7cxhPraH5ylI0H3aQ7UoMFuoj

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadwal Sholat


Jadwal Sholat Di Beberapa Kota